Perpisahan Sementara – Cerita tentang Sahabat

  Perpisahan itu sama saja seperti kematian..
Manusia cenderung menghindarinya padahal sama aja seperti kelahiran dan pertemuan,
kedua seperti dua muka dalam 1 koin , saling melengkapi,intinya sepaket dan gak mungkin   dipisah…..

Ada saatnya bertemu , ada saatnya berpisah….
Ada saatnya kita memasuki suatu kehidupan , ada saatnya kita meninggalkan kehidupan….
Dan kadang kita ga pernah tau kapan kita akan berpisah dengan seseorang……

Mungkin dasarnya hidup perlu dihadapi dengan banyak rasa percaya dan kepasrahan….
Seperti halnya yang dikatakan oleh CHairil Anwar ,“Hidup hanya menunda kekalahan”….
Hal ini jangalah dianggap sebagai sebuah pesimisme dalam menghadapi hidup, tetapi lebih kepada kepasrahan kepada sang Pencipta bahwa pada akhirnya kita akan dikalahkan oleh Rencana-Nya dan waktu adalah pemanis yang diberikan oleh Tuhan untuk sedikit mengingatkan kita akan kuasa yang lebih tinggi dari kita….

Mengingat kepasrahan kepada Tuhan, ada suat peristiwa yang membuat gw semakin percaya bahwa memang segala sesuatu akan dikalahkan oleh Rencana-Nya…..
Peristiwa yang terjadi adalah gw kehilangan slah seorang teman dekat atau sahabat dari SD yang sangat baik…….Banyak sekali pengalaman manis, lucu, pahit yang pernah gw alamin sama dia….

Pertama gw kenal Olive dikelas 4B SD Strda Nawar, dia termasuk orang yang paling supel dan ramah sama gw sebagai anak baru….dia juga pinter, jdinya kita juga saingan untuk dapet rangking dikelas….Banyak hal2 lucu yang pernah gw laluin ama dia mulai dari pulang sekolah jalan kaki, nelpon artis cowo favorite gw, les bareng, kabur2an beli kado buat ulang tahun guru, dsb…Yang paling gw inget adalah saat bokap gw meninggal, Olive adalah salah satu sahabat yang nemenin gw dirumah , rajin dateng untuk memberikan support untuk gw….Saat masuk SMP kita juga barengan walaupun ga sekelas, gw masih suka pulang bareng dia…nungguin nyokapnya ampe malem, ngerjain guru les FIsika kita yang aneh…Pagi2 buta gw jemput dia di SUmir buat nebeng sampai hunting HANSON bareng2…Saat SMA kita pisah sekolah tapi ttp masih suka kontak2an begitu pula saat kuliah dan kerja, karena Olive bukan tipe orang yang suka melupakan temannya,,,Dia inget terus ulang tahun gw, ngirim kartu natal…Dia sangat perhatian sama teman2nya……

Tiba2 berita yang gw denger, Olive udah ga ada….
Serasa ditampar rasanya…..kehilangan orang yang sangat baik dan menyenangkan kaya dia….
Olive pernah pesan di Friendster gw dan ga pernah gw lupa, dia bilang gw harus bisa terus jadi kakak yang baik untuk adik2 gw….Olive emang sayang banget ama keluarganya…Dan itu adalah yg selalu gw ingat dari dia….

Hidup memang misteri…
Dan benar kelahiran dan kematian merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan….
Melekat jadi satu dan bisa datang kapan saja……
Dan saat kematian itu datang, duka adalah rasa yang bertengger dan menguasai diri kita….
Seperti kutipan puisi dari W.H. Auden ini :

Stop all the clocks, cut off the telephone,
Prevent the dog from barking with a juicy bone,
Silence the pianos and with muffled drum
Bring out the coffin, let the mourners come.

Let aeroplanes circle moaning overhead
Scribbling on the sky the message She Is Dead,
Put crepe bows round the white necks of the public doves,
Let the traffic policemen wear black cotton gloves.

Mungkin puisi itu sangat menggambarkan perasaan yang dialami oleh orang2 yang ditinggalkan dan sangat mencintai Olive saat ini…..

Tapi hidup selalu berputar …..
Seperti yang Alan Lightman katakan dalam buku Einsten’s Dream, “Andaikan waktu adalah suatu lingkaran, yang mengitari dirinya sendiri. Demikian juga dunia, akan selalu mengitari dirinya sendiri, orang tidah tahu, bahwa setiap saat dia menjalani kehidupan mereka kembali”

Manusia akan menjalani kehidupan mereka kembali……semua ada waktunya, dan masa-nya….Kita pun suatu saat akan mengalaminya dalam urutan waktu yang berbeda…..tapi yang tetap hidup adalah cinta kasih dan kenangan yang ada…..

Selamat jalan, Olive….
Lo pasti akan dapat kebahagiaan yang abadi bersama Bapa…
Mungkin sekarang lo dulu yang harus bearada disana, sementara kita masih harus menjalankan hidup di dunia ini…tapi waktu akan berputar…dan mungkin nanti ada saatnya kita bertemu…..karena walau perpisahan dan pertemuan adalah 1 paket yang tak terpisahkan tapi keduanya akan selalu berputar bergantian dan saling mengitari..We’re gonna miss you so much =)

My Friend, Olive Pieter

Leave a Reply

