Guinness Arthur’s Day 2011 Part 1 : Indonesia Musician is worth to be praised !!

November, 12 is the day of Guinness Arthur Day 2011, a big thanks for Mr. Arthur Guinness (1725 – 23 January 1803), an Irish brewer and the founder of the Guinness brewery business,  thanks for your company to bring this event to Indonesia for the second time. Last year Guinness Arthur’s Day brought Lifehouse, Rivermaya, Pure Saturday, Superman Is Dead to the event, now its time for  an Irish band – The Script to perform in Jakarta…

Well, we will talk about The Script later , mari sekarang kita bicara tentang musisi Indonesia yang terlibat sebagai opening acara ini terlebih dahulu…

Promo Event 2010 compare to 2011

If we see the promotional items that published on billboard, flyers, banners -> semua menekankan kalau acara ini mempersembahkan The Script, dan artis pembuka lainnya tidak disebutkan, sangat berbeda dengan tahun lalu dimana ada exposure tentang artis2 lainnya yang terlibat di acara ini. Entah kenapa bentuk komunikasi seperti ini dipilih oleh penyelenggara, mungkin ada 2 faktor :

  • Penyelenggara ingin mengangkat lebih tentang The Script untuk meningkatkan penjualan tiket dan revenue
  • Atau yang kedua lebih kearah masalah internal, dimana belum ada artis local yang confirm semenatara The Script sudah confirm dan material promo sudah harus dibuat

Entah yang mana yang menjadi alasan, tapi bentuk promosi sangat berpengaruh terhadap berjalannya event itu sendiri menurut saya. Banyak penonton yang mengira ini adalah murni penampilan The Script, terutama beberapa ABG yang berdiri deket saya di area event, and they just feel shocked when there are opening acts before the show! Dan bisa dikatakan Opening Acts-ya juga banyak loh , ada 3 penampil yang durasinya juga cukup lama => Hasilnya adalah Less appreciation untuk para Indonesian Artist tersebut padahal menurut saya, kualitas opening act dari Indonesia tersebut LUAR BIASA !! Tapi kita tidak bisa menyalahkan penonton juga, karena they got less information about the SHOW, ditambah dengan adanya break 20-menit sebelum The Script tampil yang membuat banyak penonton devastated !

Okeh, itu adalah kritik utama saya buat penyelenggara, sekarang mari kita bicara tentang Opening Act dari artis-artis local tersebut :

Della Idol sebagai penampil pertama

Della Idol 2008
    Jujur pertama kali saya gak denger nama penampil pertama ini, saya piker Ghea Idol tapi setelah dia nyanyi saya langsung yakin kalau ini bukan Ghea, karena suara Ghea sangat Jazzy dan range vokalnya tidak selebar itu. Ternyata itu adalah Della Setia, kontestan idol tahun 2008, yang sayangnya bisa2-nya keluar awal dan Aris-lah yang memenangkan Idol di tahun itu …

Frankly speaking, her voice is really GREAT !! Wow, ga nyangka falsetto cewe satu ini sungguh luar biasa mulus saat membawakan Someone like you-nya Adele. Lagu kedua adalah If I Were a Boy from Beyonce, jujur I don’t give a shit about this song, karena gw ga suka lagu itu hahahaha, kasian Della di lagu ini sempat terganggu sound minus one yang mendem ! tapi twistnya adalah ternyata lagu Beyonce itu di-medley dengan lagu You Oughta Know-nya Alanis Morisette,  I really love that song !! sayangnya Della sempet ketahuan ga afal saat nyanyiiin Reffrainnya , but overall, She’s truly a great SINGER !!!  

 

Mikes and Groovyland

Yess this is the Mike’s Apartement tapi kali ini mereka main sama Groovyland,  tapi saya baru sadar gara2 info dari Ruby- teman saya yang nonton bareng  hari itu, dia bilang vokalisnya adalah Ex-vokalis band KUNCI dan bassist-nya adalah ex bassist dari band KUBIK, pantesan si Dendy vokalis ini kynya familiar banget mukanya…

Mike’s ini membuka penampilannya dengan 1979 from Smashing Pumpkins, langsung saya jejingkrakan dan nyanyi terus karenaMy teenager year is fill with with Smashing Pumpkins bahkan RBT di hp saya adalah lagu ini hahahahah, lalu dilanjutkan dengan Sweet Disposition – Temper Trap, Dakota – Stereophonics, Stay (Far Away, So Close)– U2, Viva La Vida –Coldplay ( I hate this song) , Every teardrop is waterfall – Coldplay and their own song Anak Alay (Lagu ini temanya sangat bagus, tentang keseharian orang2 jakarta yang harus berhadapan dengan angkutan umum ).

Mike's & Groovyland on the stage

Saat Mikes tampil banyak yang ngeluh karena lagu yang mereka bawakan terlalu banyak, but I just don’t care, sibuk menikmati saja penampilan mereka , tapi memang si Groovyland ini gak banyak berpartisipasi secara music ya, tapi memang efek visual dari penampilan mereka luar biasa , konsep video yang ditampilkan sangat pas dan tajam apalagi di lagu Sweet Disposition !

Saat band ini membawakan lagu U2, Smashing Pumpkins dan Stereophonic saya sangat antusias, tapi tampaknya abege dikanan-kiri ga ada yang tahu lagu2 itu hahahaha, ketauan umur gw udah tuaaa !! untungnya band ini cukup cerdas menampilkan juga lagu2 alternative mainstream anak jaman sekarang yaitu Coldplay dan mungkin Temper Trap (Walau saya ga setuju Temper Trap dibilang Mainstream )   

 

Gugun and Blues Shelter (GBS)

Gugun and Blues Shelter

Ini dia band penampil terakhir yang saya tunggu-tunggu, saya selalu suka ama stage act band ini semua sadis totalnya dari mulai Jono, Bowie dan bahkan Gugun sendiri ! sayangnya banyak yang ga antusias sama mereka gara2 ulah panitia mengumumkan abis Gugun akan break 20 menit sebelum The Script , so there were people boo-ing mereka sebelum tampil !

Tapi bukan Gugun and Blues Shelter namanya kalau gak TOTAL !! Mereka tetap menghidupkan suasana, Jono gak ada henti-hentinya berusaha meramaikan penonton dengan senam Ibu hamilnya. Banyak penonton cewek ABG yang ganggu banget , mereka sibuk teriak nyuruh GBS turun, HELLOOOO, jelas orang2 kaya gini emang gak ngerti kualitas music yang keren tuh kaya apa + jelas gak menghargai kualitas music local ! Mestinya kita bangga punya band sekelas GBS yang baru-baru aja jadi band pembukanya Bon Jovi di UK !

Yah memang nasib band segmented kaya GBS memang begitu, mereka sangat konsisten sama aliran music bluesnya, dan kita jelas tahu blues bukanlah suatu musik yang dipahami oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.

GBS membawakan lagu-lagu dari Album mereka, yang paling gw suka adalah saat mereka bawain When I see you again because that’s one of the romantic blues song ever ! Dari lagu pertama Turn it Up, gw juga udah sibuk joget2 hahahaa, sayangnya Fight For Freedom dan Whiskey Woman gak dibawain malam ini.

Well, seperti judul pada posting ini, saya sangat bangga sama kualitas dari musisi Indonesia ! Sebagai band pembuka yang tampil sebelum The Script , mereka LAYAK DAPAT PUJIAN ! Musikalitas yang luar biasa ditambah mental mereka yang tangguh apalagi menghadapi penonton yang majorite boo-ing all the time karena gak sabar nonton THE SCRIPT !

Marilah kita lebih menghargai music local, percaya apa gak, kemampuan mereka gak kalah sama The Script bakan secara skill banyak musisi kita yang lebih better !!

3 thoughts on “Guinness Arthur’s Day 2011 Part 1 : Indonesia Musician is worth to be praised !!

  1. Pingback: E-bike

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s