American TV Series: Belive or Not, We’ve seen them GROW UP !!

The CW TV Network : one of the largest TV Network in USA

 Yes, I am a big fan of American TV series since the Full House, Who’s the Boss, Growing Pains, Everybody Loves Raymond , Friends , Two and a half man etc. Salah satu kekuatan dari Serial dari US adalah penokohan karakternya yang kuat, setiap karakter dibahas secara detail mulai dari sifatnya, hobbinya , kebiasaan buruknya dan kita sebagai penonton juga merasakan mengenal karakter2 tersebut .

Dalam perkembangannya TV Series terdiri dari bermacam-macam genre, layaknya seperti Film dan Musik, dan genrenya juga beraneka ragam, mulai dari Comedy, Drama, Thriller , Horror, Sci-Fi  dan favorit utama saya adalah Comedy ! Sekilas kita lihat dulu sedikit sejarah dari perkembangan TV Series di America ! As we know that America had very successful programming that has inspired television networks across the world including their TV Series.

one of the famous TV Series, Saved By The Bell

TV Programming di America sendiri sama seperti di Indonesia, jenisnya sangat beragam mulai dari TV Series dengan berbagai genre , Reality Show, Talk Show, Game Show, etc. Proses  pembuatan dari TV Series di America biasanya diawali dengan pembuatan episode pilot – episode tunggal yang biasanya dibuat untuk dijual ke TV Network, tujuan utama dari episode Pilot ini adalah sebagai “testing ground” untuk melihat apakah serial ini punya potensi untuk diminati oleh penonton, jika berhasil barulah kelanjutan dari episodenya akan diproduksi jadi gak jaminan kalau pilot episode ini akan dibeli lanjutannya. Standard broadcast television di USA adalah 22 episode per season, untuk Series kalau untuk genre sitcoms agak berbeda biasanya 24 episode atau lebih.

Di America ada 3 TV Network terbesar yang biasa menayangkan TV Series yaitu ABC, CBS dan NBC, mulai dari tahun 1950 – awal 1990, 3 Network inilah yang mendominasi pertelevisian America. Dan lalu muncul TV Network baru yang juga langsung menyusul kesuksesan 3 raksasa ini, yaitu Fox dan The CW (ini merupakan merger dari UPN dan The WB). Nah,TV2 inilah yang membawa banyak TV series yang sukses  mendunia !

Back  to the title of this topics ->  America, TV Series : Believe or Not , We’ve seen them grow up , point yang ingin saya angkat disini adalah, banyak tokoh dalam TV series ini yang grow up dengan kita , not only we’ve seen the character on the TV developed but we also the witness to see the actor/actress who played the character grow up ! That’s the beauty of watching America TV Series, we felt that we know the character so much because they’ve stick for a long time, tapi gak bisa dipungkiri ada juga TV Series yang gagal bertahan lama, dan tokoh-tokoh tersebut lalu  menghilang ….

Let’s go to the example part of this article, mari kita membahas beberapa contoh2  dari banyak sekali tokoh yang kita lihat tumbuh ditelevisi, sekali lagi bukan hanya karakternya tapi juga in real person. Well, i put names who are become my favorite all time character!

Alyssa Milano –as Samantha Michelli in Who’s The Boss (ABC Network: 1984 – 1992)

Alyssa Milano As Sam Michelli

Alyssa Milano is my favorite all time , she played Samantha Michelli (Sam) in Who’s The Boss. Chemistry hubungan anak dan ayah yang dibawakan oleh Alyssa dan Tony Daza bener2 natural, berkesan sangat real dan sukses membuat saya selalu ingat Alm. Ayah setiap nonton serial ini. Karakter yang dibawakan Alyssa di serial ini sangat menarik, dia memerankan seorang anak perempuan yang dibesarkan oleh a –single father, dan kehidupannya juga gak mudah, dimana dia harus terus mendamping sang ayah yang tadinya adalah pemain baseball terkenal di masa-masa kehancurannya sehingga terpaksa bekerja sebagai housekeeper di keluarga Brower.

Sam is a strong girl & smart girl, dia sangat flexible dan bisa menerima kondisi aneh dan dinamika keseharian yang nyentrik di rumah Angela Brower, kalau kita nonton lengkap seriesnya kita tahu dia punya hubungan Love and Hate Relationship dengan , Jonathan – anak dari Angela ! Perubahan karakter Sam sangat menarik, mulai dari gadis kecil yang biasa diurus ayahnya lalu mengalami perubahan menjadi gadis muda yang mampu mengurus Ayahnya dan dirinya sendiri

Dari sisi Alyssa sendiri , Alyssa start her role as Samantha when she was 12 years old until she was 20 years old !! Wow, that’s a big numbers, we’re all be able to see her in her teenage life until she’s in young adulthood phase, from a tiny little girl into a very attractive young woman!

Mary Kate & Ashley Olsen – as Michelle Tanner in Full House (ABC Network : 1987-1995)

Siapa yang ga kenal dengan si kembar Olsen, the Hollywood It Girl !! Dari kecil si kembar ini udah punya bakat untuk beracting, mereka dikontrak oleh ABC untuk membawakan karakter Michelle Tanner (mereka memainkannya bergantian) dari berumur 9 bulan !! Dan mereka pun sukses membawakan karakter ini selama 8 tahun.  Saya suka sekali dengan karakter Michelle Tanner, karena saya benar-benar melihatnya dari dia masih bayi sampai jadi gadis kecil yang luar biasa cerdasnya.

Mary Kate & Ashley Olsen as Michelle Tanner
Mary Kate & Ashley Olsen as Michelle Tanner

Kalau nonton Full House kita pasti inget banget dari kecil Michelle sudah jadi kesayangang 1 rumah, apalagi hubungannya dengan Uncle Jesse. Uncle Jesse selalu menjadikan Michelle penonton setia band-nya. Yang terlucu dimana kita bisa melihat Michelle yang biasa menjadi pusat perhatian berbagi perhatian dengan keponakan kembar-nya Nicky & Alex.

Si kembar Olsen memainkan karakter ini dengan bergantian, jujur mereka sangat menggemaskan saat masih bayi dan anak-anak. But now, I am not a big fan of them because of all the drama and controversy that they usually bring to the table ! But you just have to admit that they are a great money maker !

Mila Kunis – as Jackie Burthart in That’s 70 Show (FOX Network : 1998-2006)

Mila Kunis as Jackie Burkhart

That’s 70’s show adalah sitcom yang selalu saya tonton saat masih ABG jujur karena semua yang main disitu cakep2! Series ini juga berhasil mencetak artis-artis sukes Hollywood jaman sekarang, sebut aja dari Aston Kutcher, Topher Grace dan tentunya yang lagi naik daun saat ini , Mila Kunis. Karakter favorit saya disini adalah Mila Kunis, I hate her because I can’t hate her annoying character hahahaahah. Mila memerankan Jackie Burkhat who is spoil Brat !! Tapi gw suka banget sama perubahannya si Jackie disini, mulai dari anak papa yang super manja, lalu jatuh miskin karena bokapnya harus masuk penjara karena korupsi dan Ibunya sibuk keliling America Selatan sampai akhirnya dia bisa mandiri dan kerja jadi Host TV Show. Gw seneng banget ngikutin kisah cinta dia dari awal sampai akhir, she was dating all the boys character from Kelso, Hyde the finally Fez (only Erick who is free from her). 

Tom Welling – as Clark Kent in Smallville (The CW Network: 2000-2011)

Hiks, agak berat ngebahas karakter yang 1 ini, karena sebenarnya dia adalah my second fav character from the show , my first is LEX LUTHOR !! but unfortunately, Lex was written off from the show. I love Smallville, karena film ini benar-benar menggambarkan sisi human dari si superman, beda banget sama versi Superman lainnya yang menurut saya cukup cheesy.

Tom Welling as Clark Kent in Smallville

Di series ini , kita bisa lihat perkembangan awal Clark mulai dari dia menyadari kekuatan awalnya sampai dia menemukan siapa dirinya, yang paling gw suka adalah disini perubahan karakter Clark saat dia dikecewakan sahabatnya, Lex Luthor dan yang paling drastis adalah masa-masa kegelapan Clark pasca meninggal sang Ayah.

Tom Welling sendiri mengawali kariernya sebagai model, dia memerankan karakter Clark ini selama 11 tahun, kita bisa lihat banyak perubahan dari Welling, mulai dari dia remaja sampai dengan dewasa dan gak bisa dipungkiri He’s super cute and sexy !

Angus T. Jones – As Jake Harper in Two and A Half Men (CBS Network: 2003 – present)

I Love Jake Harper, he’s the cutest one, even he lives in a very dysfunctional family but he still survives hahaha. Jake harus menyaksikan perceraian orang tua-nya yang menurut saya alasanya super duper ga jelas, dan belive or not, dia adalah wing-man dari uncle Charlie-nya yang super flamboyant, tapi memang season 8 merupakan season yang menyedihkan buat gw, dimana Jake harus kehilangan si Uncle Charlie yang meninggal karena kecelakaan.

Angus T. Jones as Jake Harper

Jake is a underachieving son, he grows up too soon, he still watch Sponge Bob Square Pants but his fav literature is Sport Illustrated and Playboy Magazine, thanks to Uncle Charlie for that!

Angus T. Jones memerankan tokoh Jake dari dia berumur 7 tahun sampai sekarang, kita bisa lihat perubahan kecil yang tadinya gendut dan super gemesin menjadi anak ABG yang berponi seperti Justin Bieber

Well, kita semua pasti punya character favorite sendiri, karena sangat banyak karakter dari TV series ini yang masih melekat diingatan kita ! Mesti diakui ini-lah kelebihan industry hiburan America, people might say that they only sell a dream , but in reality the always have a loyal fan who were felt entertain by the show. Indonesia pun juga punya banyak serial atau sinetron yang sudah diproduksi, tapi sayangnya penokohan dan kekuatan script dalam series itu sering luntur karena dipengaruhi oleh TV-Rating , sehingga mungkin masih belum banyak TV Series yang bisa menelurkan karakter yang kuat seperti series di America.

So, bukan bermaksud mendewakan industry pertelevisian America tapi saya hanya ingin mengakui mereka-lah yang banyak memberikan hiburan paling mengesankan buat saya, belive or not, I love to see the character GROW UP !!

One thought on “American TV Series: Belive or Not, We’ve seen them GROW UP !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s