Happy Accident is a Serendipity, is it true ?

As define above, my posting this time will be discussing about Serendipity. It was started for about 2 months ago, when I met my best friend, and his other friend,  We were talking about all the coincidence about our meeting that day. It was so funny. Diskusi diawali dengan berbagai macam cerita tentang sebuah kebetulan yang terjadi di dalam hidup kita, dan bagaimana hal tersebut berlanjut dalam kehidupan kita ! Sebulan kemudian saya kembali bertemu dengan salah satu sahabat saya dan pacarnya, dan mereka kembali bercerita tentang arti dari sebuah kebetulan yang mengawali perkenalan mereka berdua, well kata SERENDIPITY pun kembali terucap dari kedua teman saya tersebut .

Well, I decided to write something about this little thing called Serendipity, coz it’s really interesting! Kebanyakan orang yang saya kenal, selalu ingat dengan kata Serendipity karena ada 1 film yang sangat terkenal dengan judul film yang sama !

Film Serendipity dibintangi oleh John Cusack (gorgeous doe eye ever hahaahah) dan Kate Beckinsale. Buat saya yang paling menarik dari film ini adalah suasana natalnya yang sangat menyenangkan , setting restaurant Serendipity III yang menarik dan juga soundtrack dari film ini , it was cool !! Tapi jujur untuk jalan cerita dan script, I am not a big fan of this movie. WHY ?! mmmh , because its selling a dream. Konyol aja melihat ada 2 orang yang menggantungkan nasibnya ke uang dan sebuah buku sebagai tanda takdir kalau memang mereka ditakdirkan bersama, they’re wanting fate to work things out.  Sebagai orang yang percaya akan pentingnya effort, film ini agak gak se-value sama saya hehehee. Mungkin banyak orang yang menyukai film ini, dan menurut saya itu wajar saja karena memang sangat komersil dan menjual nuansa yang  percintaan umumnya disukai banyak orang.

Sekilas saja tentang film Serendipity tadi, sekarang mari kita membahas apa itu arti Serendipity dalam kehidupan kita sehari-hari. Secara harafiah arti dari Serendipity means a “happy accident” or “pleasant surprise”, specifically, the accident of finding something good or useful without looking for it.  So semua aspek dalam kehidupan ini pasti mengandung adanya Serendipity, entah itu masalah percintaan, karier, pertemanan , bahkan bisnis – dimana ada istilah serendipitous value dalam konteks akuisisi bisnis. So, it’s really engaging with our life in daily basis!  I think  politics is a lot of serendipity you can see the politicians, if  they’re in the right place and the right time and they’ve  got the right message, and it either connects for them  or, or it don’t

Seorang teman saya pernah cerita, “waktu itu hampir aja gw gak jadi ambil job di acara tersebut, untungnya tiba2  gw bisa, dan disanalah gw kenalan sama cewek gw yang sekarang”, dan masih banyak contoh dari happy accident lainnya yang akhirnya bisa berbuah sesuatu yang menyenangkan dan menguntungkan untuk semua pihak  dan kadang kita wondering apa yang terjadi yah kalau kita gak pergi ketempat itu, kita telat berapa menit untuk ke suatu tempat  (seperti yang Summer ceritakan kepada Tom di film 500 Days of Summer) , semua itu sebuat kebetulan !

Yang ingin saya tekankan dari tulisan ini adalah, well saya percaya dengan suatu kebetulan tapi kebetulan itu hanya gerbang dari apa yang kita lalui nantinya. Berbeda dengan yang diceritakan dalam film Serendipity menurut saya, they want the fate work things out, dan mereka menciptakan suatu prasyarat  yang seakan sebuah kebetulan, kalau memang fate yang bisa menemukan mereka. Disini sebenarnya hanya perbedaan pola pikir, kalau saya percaya kita akan dipertemukan oleh sebuah kebetulan dan kita yang akan take a big effort to make thing happen!

Lets carry our effort everyday !

I believe that in reality, SERENDIPITY accounts for ONE Percent of the blessings we receive in life, work and love, But, the other 99 percent is due to our efforts because basically one aspect of serendipity is that you have to be looking for something in order to find something else, so in order to find it, EFFORT is needed !!

What about Luck ? Happy accident apakah bisa dikatakan suatu keberuntungan ?

I guess luck is perhaps exists somewhere between the world of planning, the world of chance, and the peace that comes from knowing that u just can’t know it all hahahaaha….. and like Oprah said : Luck is when preparation meets the opportunity , so Serendipity it’s your opportunity , for me definitely is not an accident   and for the rest, u can count in effort !!

2 thoughts on “Happy Accident is a Serendipity, is it true ?

Leave a Reply

