Life or Something Like That….

John Lennon

Life is what happens to you while you’re too busy making other plans – John Lennon

Sometimes I think Mr. Lennon is a prophet hahahah

Saya gak tau apa yang melatarbelakangi pentolan band The Beatles ini berkata demikian.
Hidup itu seharusnya dilakuan dengan mengalir, apakah aliran tersebut harus ditahan, dibaca dan dianalisa akan mengalir kemana ? it is just a mystery for us ….

Saya pernah melakukan eksperimen, dmana gw benar-benar berhenti melakukan rencana dalam satu hari dengan cara tidak melihat waktu sama sekali. Waktu adalah suatu bentuk conditioning yang membuat manusia hidup menjadi teratur… dan karena itulah gw mencoba dalam hari itu, menghiraukan yang namanya waktu dan melakukan segala sesuatu dengan spontan dan apa adanya…

Guess what, I was surprised…..

Spontanitas itu ternyata penuh sekali dengan energy dan excitement ..seolah-olah u always guessing, so what happen next ?! Adrenaline rush dan aliran emosi membuat hari itu semakin hidup….

Menurut saya, dalam hidup itu kita menulis cerita kita sendiri dengan pena, kertas yang kita miliki. Pena dan kertas itu berupa diri physically and mentally….Saat kita sedang yakin dengan suatu hal, maka kita menulis dengan penuh keyakinan untuk mencapai endingnya, tapi saat kita mulai merasakan perasaan manusiawi sperti kegelisahan, dsb….kita tidak yakin dengan arah tulisan kita….Tapi sebenarnya, saat kita menulis, menulis dan merasa kita telah menemukan “ending”-nya, kita sebenarnya tidak tahu apa itu endingnya…. We just don’t know…

Paling gampang itu ngerasainnya pas kita lagi ngerasa jatuh cinta, saya berpikir apakah sebenarnya manusia itu menciptakan konsep “ takdir/jodoh” itu sebagai bentuk dari rasionalisasi kalau sebenarnya kita gak pernah tau apa yang akan dibawa oleh universe ke kita “ Pertanyaannya bagaimanakah cara mengetahuinya ?

Ada pembicaraan unik antara saya dan salah satu temen nongkrong saya…Dia berpendapat bahwa dunia itu adalah sebuah serial, …. Dimana ada bagian dan serial2 kehidupan di dalamnya, jika satu serial berakhir maka akan berganti ke serial baru ..saat saya nanya, serial means hirarki gak ? dia jawab iya…untuk mencapai tahap yang satu lo harus ngelalui tahap yang sebelumnya….mmmh….jujur saya lebih menangkap kalo konsep hirarki ini sebenernya yg melatarbelakangi adanya “usia, waktu”, dsb…….

Dia juga ngmg , segala sesuatu itu ada factor eksternalnya, nda….dan itu ga bisa kita control…Misalnya, “orang udah nikah, dia selingkuh dengan cewe lain…itu mungkin bisa jadi memang takdir orang itu bahwa dia akan selingkuh…Itu factor eksternal n we cant fight it…mungkin itu adalah serial yang lo harus lalui

And then, muncul diotak saya….Dunia itu bukan serial tapi pararel…Apa itu yg dimaksud dengan pararel ? saat satu part dari kehidupan berjalan, ada bagian dari kehidupan kita juga yang tanpa  disadari berjalan…itu gak perlu hirarki, tapi bisa berbarengan dan bersamaan, dan pararel juga berarti, ada kehidupan lain diluar diri kita yang berlangsung dalam suatu lingkaran waktu… masa depan , masa lalu bukan cuma kita liat dari kumpulan kumulatif tahun, tapi sesuai dengan parameter orang itu sendiri….karena waktu itu melingkar dan tidak ada ujungnya…..

Mungkin definisi yang saya buat ini sedikit ekstrim, tapi memang saya suka banget mendefinisikan sesuatu yg beyond and over the top…..

So tanggapan saya  terhadap Bapak Lennon tadi , sepertinya mirip dengan apa yang gw pikirkan…Dunia itu pararel, saat kita menjalankan satu kehidupan dan rencana, ada yang berlangsung yang lain disana….untuk itulah kita sering mengalami kesulitan menuliskan endingnya…. Sementara takdir itu bukan sesuatu yang digariskan dan tiba-tiba datang, tapi takdir itu adalah tarik-menariknya energy  dengan kehidupan yang ada di tempat lain…

Saat kita memfokuskan energy ke suatu part kehidupan, kehidupan itulah yang akan memberikan jawaban dan tidak selalu tepat, padahal tanpa kita sadari sebenarnya kita bisa menemukan jawaban di part itu berbarengan dengan part kehidupan yang lainnya and u might be surprise….Ada beberapa pengalaman pribadi yang gw alami yang membuat gw terbuka dengan apa yang gw rasakan sekarang (but it better not to put it in this public notes heheh )…..

Saya  pernah mendapat pertanyaan dari temen gw, dengan pemikiran lo sekarang, apakah lo percaya dengan Tuhan ? hehehe….Sebenernya saya ga merasa pernah melontarkan kata2 yang mengatakan saya tidak  mempercayai Tuhan…

Saya  sangat percaya akan Tuhan dan kekuasaanNya…

Tapi mungkin berbeda dengan yang lain, saya percaya “free will” itu diberikan Tuhan kepada manusia. Tuhan sangat baik kepada manusia sehingga dia tidak pernah menggariskan segala sesuatu dengan hitam putih kepada kita,saya percaya Dia memberikan kesempatan kita menulis hidup kita, asal kita percaya dengan apa yang kita tulis”…Saat kita benar-benar tidak tahu apa endingnya, Tuhan lah yang memberikan petunjuk kemungkinan jawabannya…

Tuhan itu seperti konsep Law Of Attraction, dia akan memberikan jawaban saat kita  meyakininya. Mmmmh…itu menegaskan kalo saya gak percaya ama yang namanya takdir….Takdir manusia itu jadi miskin, takdir dia jadi kaya, dsb…. Itu semua bentuk learned helplessness manusia yang tidak mau berjuang untuk menemukan jawaban kehidupannya….

Untuk kematian pun, saya masih melihat banyak orang yang sekarat dan sakit parah tapi tetap bisa hidup karena faith-nya akan hidup dan itu direstui oleh Tuhan

So…What will I do next to find those answers and endings ?

Pastinya saya ga akan menghabiskan waktu untuk membuat planning aja, tp seperti dalam pekerjaan saya sekarang, semua didunia ini akan saya jalankan bersamaan, dengan lebih spontan, dengan lebih ikhlas dan dengan kepercayaan…saya akan tetap menulis didunia saya, dan terus menulis dan saat saya tidak menemukan endingnya pun saya tetap akan menulis bahawa “saya tidak tahu tapi saya tetap menulis untuk tahu “ …..

Chairil Anwar berkata hidup itu adalah sebuah pesimisme….Pesimisme manusia akan semua yang ada diluar kontrolnya….

Bapak Anwar boleh berkata demikian, sementara gw akan berkata hidup itu bukan pesimisme tapi bentuk optimisme dalam perjuangan dan menikmati hidup itu sendiri….

Hey, its just my thoughts😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s