Apa Ceritamu Hari ini ?

 

Apa ceritamu hari ini ?

Suatu kalimat sederhana yang sebenarnya mempunyai makna yang luas😉

Promo Dancow " Apa Ceritamu Hari ini ?"

Saya pertama kali disadarkan oleh kalimat ini saat saya bekerja di media anak Kompas Gramedia dimana memuat promo  “Apa ceritamu hari ini ? ” Dr produk susu anak..

Dalam promo tersebut anak-anak diminta menceritakan apa yang dihalaminya hari itu dengan bahasanya sendiri, dari satu kalimat pertanyaan sederhana bisa terungkap semua cerita yang menceritakan bergabagai macam emosi yg dialaminya…

Saya sempat berpikir,, ditengah-tengah kehidupan yg saya alami bersama lingkungan dan sekitarnya.. Sudah jarang terucap kata ” apa ceritamu hari ini, kawan ?” Tiap rutinitas yang penat dilalui oleh tiap orang dengan gerak yang cepat.. Manusia cenderung lebih suka mengekspresikan dibanding mendengarkan dan melihat..

Sering kali semua dibuka dengan kata : saya, aku, kami dan dilanjutkan dengan usaha untu pengekspresian emosi yg dirasakan. Somehow, I do realize, people do need expression as a defense mechanism,sebuah alat untuk bertahan.Fenomena yg uniknya, semua siklus hidup yang cepat membuat org melupakan hal” sederhana , seperti  apa ceritamu hari ini, kawan ?

Anak sering lupa bertanya kepada orang tua : Ma, apa critamu hri ini ? – terus terang saja juga sering lupa melakukan hal ini.Orang tua pun ada yg sibuk sehingga lupa menanyakan hal yang sama…

Seorang sahabat, juga sering kali sibuk mengekspresikan perasaannya shg lupa menanyakan kata” sederhana tsb ?! Suatu hal yang saya ingat, ada seseorang yg pernah berkata kpd saya ” lo ga penah nanya juga, ngapain gw crita ?” Hahahhahaha.. Saya lupa seninya dari bertanya dan mendengar..

Trend yang saya amati sekarang adalah banyak orang yang tenggelam dalam ceritanya masing-masing, apa yang dialaminya dan tentunya kebutuhan untuk mengekspresikan diri jauh lebih besar, sehingga paling mudah bercerita dibandingkan menanyakan keadaan orang yang dekat dengan kita. Padahal harus diingat tidaklah semua orang memiliki kemampuan mengekspresikan diri yang sama, ada juga disekitar kita yang sangat membutuhkan pertanyaan untuk memancing dirinya bercerita.

Betapa sebenarnya sebuah kesederhanaan adalah suatu yang rumit sebenarnya, rumit dalam mempraktekannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Setiap manusia kecenderungan merasa yang rumit lah yang berat, yang rumit lah yang terkesan misterius dan sulit dipecahkan.. Sebenarnya menurut saya kesederhanaan adalah suatu tantangan yang sangat penting yang membuat kehidupan ini lebih menarik untuk dijalani

Sadarkah hanya dengan kata ” apa ceritamu hari ini ? ” Kadang kita sudah dpt membuat seseorang merasakan kenyamanan..

Pernah ada yang bilang untuk apa menunggu tahun baru untuk membuat satu resolusi,,oleh krn itu, saya ingin mencoba memulai sesuatu dengan sederhana…

Kembali mempelajari seni-nya bertanya dan mendengarkan , melihat dengan seksama..

Tidak ada yang salah dengan menanyakan hal yg sederhana seperti apa kabarmu hari ini ? Sesekali kepada org” terdekat kita,, selagi kita msh bs bertanya dan mendengarkan ceritany🙂

Leave a Reply

