Catatan Senja – Percakapan dua sahabat….

Malam ini, saya iseng membuka-buka tulisan2 lama yang pernah saya buat, dan ternyata saya pernah membuat tulisan dibawah ini. Tulisan saya kali ini mungkin berbeda dengan tulisan2 sebelumnya yang berformat article, ini juga bukan sebuat puisi, lebih tepatnya ini adalah dialog.

Di sepotong senja….
Dua sahabat pria dan wanita berjalan melewati sebuah jembatan…
Mereka tertawa dan menikmati goresan jingga di langit

Sang pria bertanya…
Menurutmu, “Mengapa Tuhan menciptakan senja dengan warna yang begitu indah ?”
Dengan sederhana wanita itu menjawab “ Itu untuk aku…Dia menciptakan semuanya untuk aku…”

Sang pria tertawa lirih
Sedikit rasa menegur hatinya dengan tiba-tiba…

Sang wanita berkata…..
Apa jadinya jikalau manusia tidak menyadari apa arti dari semua fenomena alam ?

Si pria terdiam tidak menjawab…melainkan memejamkan mata dengan seluruh keheningan hati, lalu dengan kepastian dia berkata “ aku mendengarkan alam berbisik kepadaku …”

Sang wanita menatap mata sang pria dan berkata…..” Dengarkan , ajaklah dia berbicara….”

Mereka berdua pun duduk dibawah sebuah pohon, memejamkan mata dan berusaha memahami bahasa alam. Angin, air, udara, semua seolah berbicara…mereka berusaha merasakan isyarat2 yang disampaikan oleh alam…..

Sang pria membuka matanya dan berkata…”dengan apakah aku bisa mengerti isyarat tersebut ? “, sang wanita menjawab “ KASIH”……

Pria itu masih tidak puas dan berkata , “adakah lagi yang bisa kulakukan untuk membuat alam bersahabat dan mau berbagi denganku ?” sang wanita tersenyum dan berkata , “DOA”

Pria tersebut terdiam…..sang wanita pun asiik menyenandungkan sebuah lagu…Sang pria berkata, “ Apa jadinya kalau aku gagal membuat alam bersahabat denganku ?“ …Sang wanita menoleh kepadanya , menepuk bahunya dengan halus dan berkata “ cara terbaik keluar dari kegagalan adalah keluar darinya….”

Pria itu menoleh dan berkata dengan nada yang tinggi …” kamu tidak menjawab pertanyaanku ?…sang wanita sambil tertawa lirih berkata , “ kamu butuh kesadaran….”

Pria itu berkata , “aku sungguh tidak mengerti dengan ucapanmu”, wanita itu berkata….”berhentilah mempertanyakan segala sesuatu tentang alam dan semesta maka kamu akan tahu apa yang kumaksud…..”

Leave a Reply

