Jonny Lang – I’m here to tell you that the secret of life is being Thankful

Jonny Lang in Blues Brothers 2000

Salah satu musisi yang saya kagumi dari kecil adalah Jonny Lang – pertama kali liat dia main sebagai cameo di Blues Brother 2000 (1998). Sekitar tahun 2000, dimana internet sudah mulai ada barulah saya banyak mengikuti berita dan lagu2 dia !

One thing for sure , I love his music – soulful ! I am not a musician jadi so pasti saya gak ngerti yang teknik gitar atau skill-wise tapi yang saya tahu saat dia nyanyi – I find it enjoyable and I can feel the emotion through his songs. Satu fakta menarik dari Jonny Lang adalah timbre suaranya yang mirip banget sama 40 years old blues veteran singer – gak akan ada yang nyangka kalau dia masih sangat muda, he started to make his first album in 1997 with a single hit Lie To Me (gosh, I also love this).  Jonny juga punya kaka cewe yang  juga seorang vokalis yang suaranya bener2 unik , her name is Jesse Langseth . Kita bisa lihat Jesse dulu di American Idol 8 (sayangnya , dia hanya masuk ke babak top 24)

Pada posting blog kali ini saya pengen ngebahas tentang Album dari Jonny Lang yang merupakan album favorit saya sepanjang masa yaitu, Turn Around. Turn Around adalah album ke-5 dari Jonny Lang yang di rilis tahun 2006 (semoga gak salah hehhe) , Album ini juga berhasil menangin Grammy untuk kategori Best Rock or Rap Gospel Album.

Kenapa saya suka banget album ini ? Alasannya cukup personal, album ini memberikan saya energy yang sangat positive, dari segi musiknya yang indah, lirik lagu yang motivational belum beberapa lagu yang menggunakan aransemen vocal yang meriah dengan diiringi gospel choir ! Pertama kali saya denger album ini pada tahun 2007, saya sedang berada dalam satu kondisi yang ga menyenangkan – Jujur lagu2 di album ini adalah alat sugesti saya untuk merasakan yang namanya semangat dan juga rasa syukur yang luar biasa akan hidup ! Well, my love for this album is really personal.

Dari sisi Jonny Lang sendiri, dia juga merasa bahwa album ini adalah album yang paling personal dimana album ini adalah sebuah bukti titik balik beliau sebagai seorang manusia – tanpa embel2 status sebagai seorang musisi ! Dan album ini merupakan persembahannya untuk Tuhan, God touched my life and set me on the right track. I feel a huge debt to give glory back to Him for everything He has done for me. It’s the least I can do.(Jonny Lang) – Melalui album ini dia bersyukur akan anugrah Tuhan dan juga kehadiran istri dan anak2nya yang selalu mendukung dan mewarnai hidupnya.

Kalau kita perhatiin dengan seksama, lagu2 dialbum ini diurutkan seperti perjalanan cerita suatu kehidupan, album ini dibuka dengan intro dan lagu Bump In The Road – yang benuansa funk – lagu ini menceritakan tentang seseorang yang tersesat dalam perjalanan hidupnya , “I’ve been on the wrong track with the wrong map and Im trying to find my way home” . Lalu ditengah-tengah diisi dengan lagu Turn Around yang menurut saya baguuus banget harmonisasi vokalnya , lagu ini memberikan pesan kepada kita, bahwa kesalahan apa pun yang kita lakukan dalam hidup masih dapat kita perbaiki , “The choices you make might be mistakes but it’s never too late to turn around, turn around” .Sampai akhirnya kita diajarkan untuk bersyukur di lagu Thankful dan juga selalu mengenang cinta dari orang-orang yang menyayangi kita di lagu My Love Remains

Jonny Lang & Haylie Johnson

Lagu favorite saya adalah My Love Remains dan Thankful. Lagu My Love Remains ini bernuansa jazzy folk sederhana, liriknya sangat mengalir dan yang paling bikin merinding adalah suara Jonny Lang disini – super Lembut seperti sedang bercerita , lagu ini mengingatkan saya pada lagu Missing you Love – di album Lie To Me. Sementara lagu Thankful – wowwwww, lagu ini bener2 lagu sugesti saya ! Perlu diakui lagu ini brilliant ditambah lagi dengan adanya suara Michael McDonald yang membuat nuansa bersyukur dalam lagu ini semakin terasa !

Panjang rasanya tulisan ini jika saya lanjutkan, the bottom-line is I love this album, karena album membantu saya untuk ingat bahwa One Life is Matter so be Thankful – satu value yang jarang saya dapatkan di album music lainnya. Dan di album ini saya merasakan kedewasaan Jonny Lang sebagai seorang musisi.   “Every record I’ve done has felt progressively more and more like the real me. But more than anything I’ve done, this one comes straight from my heart.” (Jonny Lang)

A lot of my girl friends say that John Mayer is really sexy when he sings, but for me you should see how Jonny Lang writes songs for his wife and kids – that’s what I call SEXY hahahaha…..

Thanks Mr. Lang for your music, thanks for remind me that the secret of life is being Thankful !

Leave a Reply

